Cara Cepat Berternak Kambing Tanpa Ngarit

Posted on

 

Semakin bertambahnya penduduk hal ini pasti menuntut penggunaan lahan yang semakin luas. Entah itu difungsikan sebagai tempat tinggal, bangunan-bangunan pabrik, kantor ataupun yang lainnya.

Alhasil, lahan yang tersedia pun semakin sempit setiap waktunya. Hal ini akan sangat merugikan bagi berbagai pihak terutama para peternak kambing yang kebanyakan sangat bergantung akan pakan rumput yang dikonsumsi oleh kambing ternak milik mereka sendiri.

Karena situasi tersebut, hal ini menuntut harus adanya inovasi baru untuk mengatasi masalah kekurangan pangan ternak kambing. Untungnya, berbagai macam inovasi untuk mengatasi masalah tersebut pun kini banyak bermunculan.

Salah satunya dengan menggunakan pakan fermentasi yang praktis dan tentunya gizinya tidak kalah saing dengan pakan rumput pada umumnya. Hal ini menjadi solusi terbaik bagi para peternak kambing agar tidak perlu repot-repot mencari rumput atau ngarit untuk pakan ternak kambingnya sendiri.

Lalu, bagaimana cara berternak kambing tanpa ngarit dengan pakan alternatif? Sebelum mengenal lebih jauh mengenai proses dari pakan fermentasi itu sendiri, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pakan fermentasi yang sehat nan alami ini.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh kambing ternak dan mencegahnya terserang berbagai macam penyakit
  2. Daging akan menjadi lebih tebal dan berisi namun rendah kolesterol
  3. Meningkatkan nafsu makan dari kambing ternak
  4. Menambah masa kambing serta membuatnya menjadi lebih gemuk dan sehat
  5. Melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan
  6. Meningkatkan produksi susu dari kambing ternak itu sendiri
  7. Kotoran beserta urinenya dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan biogas alami
  8. Kotoran dan urine yang dihasilkan tidak berbau serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya

Cara berternak kambing tanpa ngarit pakan fermentasi pastinya akan memudahkan Anda untuk tetap memberikan pakan yang berkualitas serta bernutrisi tinggi. Namun, kelemahan dari pakan ternak fermentasi ialah sifatnya yang tidak bisa bertahan lebih lama.

Cara berternak kambing tanpa ngarit yang satu ini pun harus dilakukan secara kontinue dan telaten. Anda harus menyiapkan pakan fermentasi setiap harinya agar dapat memberikan pakan yang segar dan bernutrisi tinggi.

Pastinya, hal ini sangat merepotkan dan banyak menyita waktu Anda bukan? Tapi, semua itu kini dapat diatasi dengan mudah hanya dengan cairan suplemen organik SOC.

Lalu, apa itu SOC? SOC merupakan sebuah produk cairan suplemen organik yang diproduksi oleh PT HCS dan berfungsi sebagai suplemen yang dicampurkan kedalam pakan fermentasi untuk ternak.

SOC ini mampu meningkatkan pertumbuhan dari hewan ternak milik Anda serta mampu meningkatkan produksi daging dari hewan ternak. Selain itu, SOC juga mampu meningkatkan kesuburan dan perkembangbiakan ternak seperti sapi dan kambing serta meningkatkan mutu telur dari hewan unggas.

Kini, cara berternak kambing tanpa ngarit dengan SOC pun akan jadi lebih mudah dan efektif setelah Anda mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari suplemen khusus hewan ternak yang satu ini. Namun, itu hanyalah sedikit dari sekian banyak manfaat yang bisa didapatkan dari produk SOC ini.

Nah, berikut ini akan disajikan beberapa manfaat lainnya dari SOC-HCS yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

  1. Mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas dari produksi ternak milik Anda
  2. Menekan berbagai macam penyakit berbahaya yang dapat menyerang hewan ternak
  3. Menambah nafsu makan
  4. Mampu menyeimbangkan mikroorganisme yang terdapat di dalam perut hewan ternak
  5. Meningkatkan antibodi dari si hewan ternak agar tidak mudah terserang penyakit
  6. Mampu mengurangi tingkat stres yang dialami hewan ternak
  7. Mengurangi bau yang tidak sedap pada area kandang dan lingkungan sekitarnya

Selain ketujuh manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan suplemen organik cair SOC ini, Anda juga mampu menekan pengeluaran selama perawatan serta produksi ternak hewan kambing.

Hal ini karena setelah cairan suplemen organik SOC dicampur dengan pakan fermentasi, maka pakan fermentasi itu pun dapat bertahan hingga beberapa bulan lamanya. Sangat menguntungkan bukan? Anda pun tidak perlu repot-repot mengolah pakan fermentasi setiap harinya.

Cara berternak kambing tanpa ngarit dengan pakan fermentasi terbilang cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan pohon pisang, kulit singkong bahkan sayuran sisa yang ada di pasar untuk membuat pakan fermentasi yang berkualitas tinggi.

Jika Anda masih bingung bagaimana mengolah pakan fermentasi yang tepat dengan menggunakan cairan suplemen organik SOC ini, berikut akan diberikan beberapa cara untuk membuat pakan fermentasi dengan menggunakan pohon pisang.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Pohon pisang sebanyak 100 kg
  2. Sediakan ampas tahu sekitar 15 kg
  3. Katul sebanyak 3 kg
  4. Gula pasir sekitar 100 gram
  5. Garam sebanyak 250 gram
  6. 3 tutup botol atau 30cc cairan suplemen organik SOC

Langkah pembuatan:

  1. Potong pohon pisang menjadi lebih kecil
  2. Campur pohon pisang, katul serta ampas tahu ke dalam sebuah wadah dengan ukuran yang besar kemudian aduk hingga rata
  3. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, buatlah bibit fermentasi terlebih dahulu dengan menggunakan 30cc atau 3 tutup botol SOC yang dicampur 100 gram gula pasir ke dalam 1 liter air. Aduk hingga bahan tersebut larut dan rata kemudian diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah itu, larutan tersebut dicampur ke dalam 10 liter air kemudian aduk hingga rata.
  5. Siram larutan bibit fermentasi tersebut diatas campuran pakan ternak pohon pisang, ampas tahu dan katul kemudian tambahkan 250 gram garam dan aduklah hingga benar-benar rata.
  6. Yang terakhir, masukkan pakan fermentasi tersebut ke dalam tong maupun kantong plastik dan tutup rapat. Diamkan selama 1-4 jam.

Cukup mudah bukan cara berternak kambing tanpa ngarit dengan cairan suplemen organik SOC ini? Nah, berikut ini akan ditambah sedikit tips lagi agar dapat menghasilkan kualitas kambing ternak dengan mutu yang tinggi.

Pertama, berikan 2-3cc atau sekitar satu tutup botol SOC untuk meningkatkan nafsu makan hewan ternak. Berikan pakan biasa yang dikonsumsi sehari-hari (yang telah disemprot dengan SOC) setiap pagi. Sementara pada sore hari, Anda bisa memberikan pakan buatan. Lakukan hal ini selama 7 hari berturut-turut agar kambing ternak dapat terbiasa dengan pakan fermentasi.

Yang harus Anda ingat bahwa kecepatan beradaptasi dari tiap kambing ternak berbeda-beda. Selain itu, usahakan kadar air dalam pembuatan pakan fermentasi ini tidak berlebih sehingga dapat bertahan lama dan memiliki kualitas yang tinggi.

Itu dia cara berternak kambing tanpa ngarit yang praktis dan efisien dan tentunya dapat menghemat pengeluaran. Anda tidak perlu meragukan kualitas dari cairan suplemen organik SOC ini, karena produk ini dijamin aman dan berkualitas tinggi.

Jika Anda menginginkan proses yang cepat dalam hal pemesanan, Anda harus mengirim sms dengan format seperti di bawah ini.

Ketik : SOC-DD : Nama Anda : Jumlah Pesanan : Alamat Lengkap : Nomor Telepon/HP

Kirim sms ke 081-232-173-222

Nah, cukup mudah bukan? Cara berternak kambing tanpa ngarit kini bisa dijalani dengan mudah dan cepat hanya dengan cairan suplemen organik SOC.