Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Dengan SOC HCS

Posted on

Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Dengan SOC HCS>>> Kecanggihan teknologi sekarang ini memang mampu mengubah tatanan kehidupan manusia secara keseluruhan. Hal ini karena dituntut pola pikir manusia yang semakin modern serta keterbatasan Sumber Daya Alam yang semakin menipis.

Walaupun banyak yang menciptakan berbagai macam alat yang sangat bermanfaat bagi manusia, namun tidak sedikit juga alat-alat yang telah diciptakan tersebut juga dapat merusak lingkungan yang ada di sekitarnya.

Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing
Ketersediaan rumput sebagai pakan kambing semakin terbatas. Saatnya belajar Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Dengan SOC HCS

Oleh karena itu, manusia pun tetap dituntut lebih cerdas agar tetap bisa melestarikan alam namun juga dapat membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Berbagai macam inovasi kreatif pun kini mulai bermunculan.

Salah satunya yaitu pakan fermentasi yang sehat dan alami serta sangat baik untuk hewan ternak. Cara bikin pakan fermentasi pun terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak syarat.

Pakan fermentasi ini merupakan solusi terbaik bagi Anda para peternak hewan seperti kambing, sapi, unggas dan lain sebagainya. Pakan fermentasi yang satu ini hanya menggunakan bahan-bahan organik seperti pohon pisang, jagung, kulit singkong hingga sayuran sisa yang bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional.

Selain cara bikin pakan fermentasi yang terbilang cukup mudah, ternyata pakan fermentasi kaya akan manfaat yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak. Berikut ini akan disajikan berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan jika hanya menggunakan pakan fermentasi yang alami.

  1. Keuntungan pertama ialah, kotoran yang dihasilkan oleh hewan ternak tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga tidak akan mencemari lingkungan yang ada di
  2. Kotoran serta urine yang dihasilkan lebih sedikit dibanding dengan biasanya serta dapat dimanfaatkan sebagai biogas maupun pupuk alami.
  3. Dengan diberi pakan fermentasi hal ini mampu meningkatkan nafsu makan dari hewan ternak itu sendiri.
  4. Jika Anda rutin memberikan pakan fermentasi setiap hari, maka daging hewan ternak yang dihasilkan akan lebih berisi serta kolesterol yang terkandung di dalamnya jauh lebih rendah dibanding dengan daging hewan ternak biasa.
  5. Mampu meningkatkan bobot tubuh hewan ternak secara alami serta membantunya terlihat lebih gemuk dan sehat.
  6. Hewan ternak yang diberi pakan fermentasi akan lebih kebal dari serangan penyakit apapun.
  7. Produksi susu yang dihasilkan oleh hewan ternak akan meningkat dibanding dengan produksi susu sebelumnya yang tidak diberi pakan fermentasi.
  8. Membantu sistem pencernaan dari hewan ternak itu sendiri.

Itulah 8 manfaat yang bisa didapatkan oleh hewan ternak milik Anda namun hanya jika diberi pakan fermentasi yang alami.

Walaupun cara bikin pakan fermentasi terbilang cukup mudah, Anda harus bisa membuatnya setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar pakan fermentasi yang diberikan kepada hewan ternak memiliki kualitas yang tinggi serta mengandung nilai gizi yang tinggi.

Pastinya, hal ini terbilang cukup merepotkan bukan? Ditambah lagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk membuat pakan fermentasi itu sendiri. Namun semuanya akan menjadi mudah karena kini telah hadir sebuah produk suplemen organik yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.

Suplemen organik cair SOC merupakan sebuah produk yang dibuat oleh PT HCS. Produk yang satu ini sangat baik untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan hewan ternak menjadi lebih cepat.

Penggunaannya pun hanya dicampurkan ke dalam pakan fermentasi saja, namun hal ini sangat ampuh untuk membantu meningkatkan kesuburan serta perkembangbiakan hewan ternak itu sendiri. Sangat menguntungkan bukan?

Selain dapat memudahkan Anda cara bikin pakan fermentasi dengan mudah, suplemen organik cair ini juga dapat meningkatkan produksi hewan ternak seperti kambing, domba, sapi serta dapat meningkatkan kualitas telur dari ternak unggas.

Dengan menggunakan suplemen organik cair SOC Anda juga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan dan pemeliharaan hewan ternak milik Anda karena pakan yang di campur dengan SOC ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan lamanya. Banyak sekali bukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan suplemen organik cair SOC?

Masih ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari suplemen organik cair yang satu ini. Namun sebelum membahas tentang manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan, berikut ini akan diberikan penjelasan bagaimana cara bikin pakan fermentasi yang dicampur dengan menggunakan suplemen organik cair SOC.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan fermentasi:

  • 100 kg pohon pisang sebagai bahan utama
  • Sebanyak 15 kg ampas tahu
  • 3 kg katul
  • Garam dapur sebanyak 250 gram
  • 100 gram gula pasir untuk membuat larutan bibit fermentasi
  • 30cc atau 3 tutup botol SOC-HCS

Cara bikin pakan fermentasi ternak kambing dengan suplemen organik cair SOC ini terbilang mudah, berikut penjelasannya:

  1. Siapkan bahan utama yaitu pohon pisang, potong pohon pisang menjadi bagian yang lebih kecil sehingga memudahkan hewan ternak ketika dimakan.
  2. Campur pohon pisang yang telah dipotong tadi dengan 15 kg ampas tahu beserta 3 kg katul ke dalam sebuah wadah yang besar. Aduk rata ketiga bahan tersebut hingga benar-benar tercampur rata.
  3. Buatlah bibit fermentasi terlebih dahulu dengan menggunakan 30cc atau 3 tutup botol SOC, masukkan cairan suplemen organik tersebut ke dalam 1 liter air bersamaan dengan 100 gram gula pasir. Aduk hingga benar-benar larut dan kemudian diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah itu, masukkan bibit fermentasi yang telah dibuat tadi ke dalam 10 liter air dalam ember yang besar. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Siramkan larutan bibit fermentasi tersebut di atas pakan fermentasi yang telah dibuat dengan menggunakan wadah yang besar. Kemudian tambahkan 250 gram garam dan aduk semuanya hingga tercampur rata.
  6. Bungkus pakan fermentasi yang telah jadi ke dalam sebuah kantong ataupun tong plastik kemudian tutup rapat supaya kedap udara. Diamkan pakan fermentasi tersebut selama 1-4 jam baru kemudian dapat dikonsumsi oleh hewan ternak milik Anda.

Itulah cara bikin pakan fermentasi yang terbilang mudah serta tidak memerlukan banyak waktu dan biaya. Agar pakan fermentasi yang Anda buat bisa bertahan lebih lama, maka usahakan kadar air yang terkandung di dalamnya tidak terlalu tinggi. Kadar air yang terlalu tinggi juga dapat menurunkan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Setelah Anda mengetahui cara bikin pakan fermentasi dengan menggunakan suplemen organik cair SOC, kini saatnya Anda harus mengetahui beragam manfaat yang diberikan oleh cairan suplemen organik yang satu ini.

  1. Produksi hewan ternak milik Anda akan meningkat secara kualitas maupun kuantitas.
  2. Membantu meningkatkan nafsu makan dari hewan ternak itu sendiri.
  3. Menekan serta melawan penyakit yang ada di dalam tubuh hewan ternak.
  4. Menyeimbangkan adanya mikroorganisme yang ada di dalam perut.
  5. Meningkatkan sistem imun hewan ternak agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit hingga yang berbahaya sekalipun.
  6. Mengurangi tingkat stress yang diderita oleh hewan ternak selama perawatan.
  7. Jika pakan fermentasi ditambahkan dengan menggunakan suplemen organik cair SOC ini makan kotoran yang dikeluarkan baunya akan berkurang sehingga membantu mengurangi polusi bau pada kandang serta lingkungan yang ada di

Itu dia tujuh manfaat dari suplemen organik cair SOC yang kaya manfaat serta menyehatkan hewan ternak. Cukup mudah bukan cara bikin pakan fermentasi untuk hewan ternak apalagi jika menggunakan suplemen organik cair SOC.

Demikian Pelatihan online Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Dengan SOC HCS. Jadikan hewan ternak Anda memiliki kualitas dan mutu yang tinggi hanya dengan mencampurkan suplemen organik cair ke dalam pakan fermentasi hewan ternak. Selamat mencoba.

Save

Save