Cara Mudah dan Cepat Berternak Kambing Tanpa Pakan Rumput

Posted on
ternak Kambing Tanpa Pakan Rumput
Cara Mudah dan Cepat Berternak Kambing Tanpa Pakan Rumput dengan menggunakan teknologi SOC HCS sebagai fermentor guna menghasilkan pakan fermentasi

Merintis usaha memang dibutuhkan perjuangan yang keras serta keuletan tinggi agar usaha yang Anda jalani bisa berjalan lancar dan sukses. Memang, hal ini tidaklah semudah yang dibayangkan.

Apalagi jika Anda sedang merintis usaha ternak kambing. Ketersediaan pakan rumput yang mulai menipis karena lahan yang mulai dialih fungsikan menjadi bangunan perumahan atau yang lainnya membuat para peternak harus pintar-pintar mencari solusi terbaik untuk pakan ternak mereka.

Untungnya, hal ini memunculkan sebuah inovasi terbaru untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan pakan fermentasi yang sarat gizi membuat peternak lebih memilih menggunakan cara yang satu ini.

Baca juga: CARA MEMBUAT PAKAN FERMENTASI TERNAK KAMBING

Menggunakan pakan fermentasi merupakan solusi terbaik bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara berternak kambing yang benar. Berternak kambing dengan menggunakan pakan fermentasi ini tidaklah sulit untuk dilakukan

Anda pun tidak perlu memerlukan biaya yang tinggi karena bahan utamanya menggunakan pohon pisang, jerami padi maupun sisa-sisa sayuran yang bisa Anda temukan di pasar.

Dengan menggunakan bahan-bahan organik tersebut, tentunya akan memberikan banyak manfaat yang baik bagi kambing ternak milik Anda. Berikut ini akan disajikan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pakan ternak fermentasi yang alami dan menyehatkan.

  1. Berat tubuh hewan ternak akan naik secara alami sehingga dapat membuatnya lebih gemuk dan terlihat sehat.
  2. Membantu meningkatkan produksi susu yang dihasilkan hewan ternak.
  3. Menyehatkan dan memperbaiki sistem pencernaan dari hewan ternak itu sendiri.
  4. Menguatkan antibodi dan membuat hewan ternak lebih kebal terhadap serangan penyakit.
  5. Menghasilkan daging yang lebih berisi namun rendah kolesterol sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.
  6. Meningkatkan dan menambah nafsu makan hewan ternak.
  7. Kotoran beserta urine yang dikeluarkan lebih sedikit sehingga tidak mencemari lingkungan dan sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai pupuk maupun biogas alami.

Menggunakan pakan fermentasi jauh lebih bermanfaat dan sangat baik untuk kambing ternak milik Anda di tengah krisis ketersediaan rumput yang semakin sedikit. Untuk menghasilkan kualitas kambing ternak yang unggul, Anda harus bisa membuat pakan fermentasi ini setiap harinya.

Tentunya hal ini sangat merepotkan bukan? Nah, untuk memudahkan cara berternak kambing yang baik kini telah hadir sebuah produk suplemen organik cair SOC yang kaya akan manfaat serta sangat baik untuk dikonsumsi berbagai macam hewan ternak.

Mulai dari unggas, sapi, kambing dan lain sebagainya. Suplemen organik cair SOC ini mampu meningkatkan produktivitas hewan ternak seperti mempercepat pertumbuhan, meningkatkan produksi daging yang dihasilkan. Selain itu, SOC juga sangat baik bagi perkembangbiakan serta kesuburan hewan ternak.

Ditambah lagi, suplemen organik cair SOC juga bisa meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan oleh hewan unggas. Sangat banyak bukan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cairan suplemen organik ini untuk hewan ternak milik Anda?

Namun, masih ada beberapa manfaat lainnya yang harus Anda ketahui dari produk suplemen untuk hewan ternak milik Anda. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat yang bisa didapat hanya dengan menggunakan SOC untuk campuran pakan fermentasi.

  1. Hewan ternak tidak akan mudah terserang penyakit karena SOC akan bekerja meningkatkan antibodi.
  2. Mengurangi tingkat stres yang dialami oleh hewan ternak itu sendiri.
  3. Membantu mengurangi polusi bau yang dihasilkan hewan ternak terutama di area kandang dan lingkungan sekitarnya.
  4. Membantu menyeimbangkan mikroorganisme yang ada di dalam perut hewan ternak.
  5. Membantu hewan ternak untuk meningkatkan nafsu makannya.
  6. Menekan serta melawan penyakit yang diderita oleh hewan ternak.
  7. Meningkatkan kualitas dari hewan ternak agar dapat menghasilkan kambing ternak yang bermutu.

Ketujuh manfaat tersebut hanya bisa Anda dapatkan dengan menggunakan suplemen organik cair SOC yang kaya akan manfaat dan tentunya sangat aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: SOC, SOLUSI TEPAT UNTUK PEMBUATAN PAKAN FERMENTASI

Sekarang ini, cara berternak kambing yang benar bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dijalani. Bahkan meningkatkan kualitas dari kambing ternak sangat mudah untuk dilakukan. Anda juga tidak perlu menyiapkan berbagai macam syarat yang merepotkan.

Hanya dengan memberikan makan dengan pakan fermentasi yang diolah dengan baik dan benar serta ditambah dengan SOC suplemen organik cair ini dan dibarengi dengan perawatan yang baik hal ini sudah lebih dari cukup untuk bisa menghasilkan kualitas kambing yang unggul.

Di bawah ini akan diberikan tips cara berternak kambing yang benar dengan mengolah pohon pisang menjadi pakan fermentasi yang kaya akan nutrisi serta baik untuk pertumbuhan serta perkembangan hewan ternak itu sendiri.

Bahan-bahan yang harus disiapkan pun terbilang cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak syarat. Nah berikut ini bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

1.      Pohon pisang sebanyak 100 kg

2.      Katul 3 kg

3.      Ampas tahu sebanyak 15 kg

4.      Gula pasir sebanyak 100 gram

5.      Garam sebanyak 250 gram

6.      3 tutup bolot SOC atau sekitar 30cc

Langkah Pembuatan:

  1. Langkah pertama, potong pohon pisang menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Kedua, campurkan bahan utama potongan pohon pisang tadi dengan ampas tahu dan katul dalam wadah yang besar. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
  3. Langkah selanjutnya yaitu buatlah bibit fermentasi dengan melarutkan 30cc atau sekitar 3 tutup botol SOC dengan 100 gram gula pasir ke dalam 1 liter air. Aduk hingga larut kemudian diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah 15 menit, masukan bibit fermentasi tersebut ke dalam 10 liter air ke dalam sebuah ember besar kemudian aduk hingga rata.
  5. Setelah larutan tersebut jadi, siramkan larutan bibit fermentasi di atas pakan fermentasi. Kemudian taburkan 250 gram garam, aduk hingga benar-benar rata.
  6. Yang terakhir, masukkan pakan fermentasi tersebut ke dalam sebuah kantong ataupun tong plastik, tutup rapat supaya kedap udara. Kemudian diamkan pakan fermentasi tersebut selama 1-4 jam.

Membuat pakan fermentasi dengan menggunakan suplemen organik cair SOC ini selain bisa bertahan hingga berbulan-bulan, ternyata juga dapat menghemat uang pengeluaran Anda dalam perawatan dan pemeliharaan kambing ternak.

Cara berternak kambing yang benar terbilang tidak sulit untuk dilakukan. Apalagi jika ditambah dengan menggunakan cairan suplemen organik SOC yang dijamin dapat meningkatkan kualitas hewan ternak milik Anda.

Itu dia cara pemesanan dari produk SOC suplemen organik cair, kini Anda tidak perlu risau lagi bagaimana cara berternak kambing yang benar. Hanya dengan menggunakan cairan suplemen organik SOC ini dijamin dapat meningkatkan kualitas produksi dari kambing ternak milik Anda.