Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dengan Suplemen Organik Cair SOC

Posted on

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dengan Suplemen Organik Cair – SOC >> Dewasa ini, banyak para peternak yang lebih memilih menggunakan pakan fermentasi ketimbang menggunakan pakan rumput seperti biasanya. Hal ini disebabkan karena pakan fermentasi jauh memiliki nilai gizi yang tinggi ketimbang harus menggunakan pakan rumput.

Selain itu, ketersediaan rumput yang semakin berkurang setiap waktu karena lahan perkebunan maupun hutan yang telah dialih fungsikan menjadi bangunan membuat para peternak harus bisa mencari solusi yang tepat untuk hewan ternak peliharaan mereka.

Ditambah lagi, peternakan kambing yang ada di Indonesia terus bertambah. Hal ini mengharuskan para peternak untuk berpikir lebih kreatif tentang pemilihan pakan apa yang tepak bagi kambing ternak milik mereka.

Maka dari itu, inovasi pakan ternak fermentasi menjadi solusi terbaik agar tetap bisa memberikan pakan yang berkualitas serta bergizi tinggi untuk hewan ternak. Pakan fermentasi pun harus dibuat dengan cara yang baik dan juga benar agar memiliki kualitas tinggi serta bermanfaat bagi kambing ternak.

Namun, bagaimana cara bikin fermentasi pakan kambing yang baik serta mengandung nilai gizi yang tinggi? Sebenarnya, membuat pakan fermentasi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dengan Suplemen Organik Cair SOC

Bahan Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dengan Suplemen Organik Cair SOC

Pakan fermentasi ini hanya memanfaatkan jerami padi, pohon pisang, jagung, ataupun sayuran sisa yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasar. Bahan-bahan organik tersebut yang nantinya akan menjadi bahan utama untuk membuat pakan fermentasi.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara bikin fermentasi pakan kambing yang tepat, terlebih dahulu Anda harus mengetahui manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan pakan fermentasi untuk kambing ternak milik Anda.

Nah, di bawah ini akan disajikan beberapa manfaat pakan fermentasi yang alami nan menyehatkan untuk kambing ternak.

  1. Daging kambing ternak akan menjadi lebih gemuk dan berisi, namun kolesterol yang ada di dalamnya tetap rendah.
  2. Menambah nafsu makan hewan ternak.
  3. Bobot dari hewan ternak akan naik secara alami sehingga membuatnya tampak terlihat gemuk dan sehat.
  4. Produksi susu kambing ternak akan meningkat jika diberi pakan fermentasi.
  5. Menyehatkan serta memperbaiki sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh hewan ternak.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh hewan ternak sehingga membuatnya lebih kebal dari serangan penyakit.
  7. Urine beserta kotoran yang dihasilkan lebih sedikit ketimbang biasanya, dan dapat difungsikan sebagai pupuk alami serta biogas.
  8. Hewan ternak yang diberi pakan fermentasi tidak akan berbau sehingga tidak mencemari lingkungan yang ada di sekitarnya.
Suplemen organik cair soc hcs untuk pakan fermentasi
Suplemen organik cair soc hcs untuk pakan fermentasi ternak kambing

Setelah Anda mengetahui delapan manfaat yang sangat baik bagi hewan ternak, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara bikin fermentasi pakan kambing yang baik serta tepat bagi hewan ternak milik Anda.

Baca  juga:  Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit

Namun yang harus Anda ketahui ialah, untuk memberikan pakan fermentasi yang berkualitas Anda harus membuat pakan ini setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar pakan fermentasi yang diberikan tetap segar dan tetap memiliki nilai gizi yang tinggi.

Pastinya, cara bikin fermentasi pakan kambing yang alami seperti ini sangat merepotkan bukan untuk dilakukan? Ditambah lagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat pakan fermentasi setiap harinya.

Untungnya, belajar dari masalah tersebut kini telah hadir suplemen organik cair yang memiliki kualitas tinggi serta sangat baik untuk dikonsumsi. SOC merupakan sebuah suplemen organik yang berbentuk cair dan berfungsi untuk menyehatkan kambing ternak milik Anda.

SOC ini akan mempercepat pertumbuhan hewan ternak dan dapat meningkatkan kualitas serta produksi daging dari hewan ternak milik Anda. Selain itu, suplemen organik cair SOC juga sangat baik untuk kesuburan serta perkembangbiakan hewan ternak.

Suplemen organik cair SOC sangat cocok untuk digunakan berbagai macam hewan ternak seperti sapi, kambing bahkan unggas. Hal ini dibuktikan dengan produktivitas ternak seperti sapi dan kambing menjadi semakin meningkat serta kualitas telur hewan unggas yang memiliki mutu tinggi.

Lalu, bagaimana cara bikin fermentasi pakan kambing yang tepat hanya dengan menggunakan SOC suplemen organik cair ini? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan cairan suplemen organik ini ke dalam pakan fermentasi yang telah Anda buat.

Nah, berikut ini akan diberikan bagaimana cara bikin fermentasi pakan kambing dengan menggunakan suplemen organik SOC. Bahan yang digunakan pun terbilang lebih sederhana serta tidak memerlukan bahan yang banyak.

Bahan yang Anda butuhkan:

1.      100 kg pohon pisang

2.      3 kg katul

3.      15 kg ampas tahu

4.      100 gram gula pasir

5.      250 gram garam dapur

6.      30 cc atau 3 tutup botol suplemen organik cair SOC

Cara pembuatan pakan fermentasi kambing dengan SOC HCS:

  1. Potong-potong pohon pisang menjadi bagian yang lebih kecil sehingga mudah ketika dikonsumsi oleh hewan ternak.
  2. Campurkan pohon pisang yang telah dipotong menjadi bagian yang lebih kecil dengan 15 kg ampas tahu dan 3 kg katul ke dalam wadah besar. Campur semua bahan hingga benar-benar rata.
  3. Buatlah bibit fermentasi dengan cara menggunakan 30cc atau 3 tutup botol larutan SOC dengan 100 gram gula pasir. Larutkan hingga tercampur rata dengan menggunakan 1 liter air. Kemudian diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah 15 menit berlalu, masukkan larutan bibit fermentasi yang telah dibuat ke dalam ember berisi 10 liter air. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Setelah itu, siramkan secara merata larutan bibit fermentasi tersebut ke dalam pakan fermentasi yang telah dibuat dengan menggunakan wadah yang besar.
  6. Taburkan 250 gram garam di atasnya kemudian campur hingga benar-benar rata.
  7. Langkah terakhir, masukkan pakan fermentasi tersebut ke dalam kantong maupun tong plastik. Tutup hingga benar-benar rapat dan kedap udara. Diamkan selama 1 hingga 4 jam, pakan fermentasi pun siap digunakan.

Nah cukup mudah bukan cara bikin fermentasi pakan ternak kambing yang tepat serta berkualitas tinggi? Namun yang harus Anda ingat ialah, usahakan kadar air dari pakan fermentasi yang ada buat tidak terlalu tinggi. Hal ini bertujuan agar pakan fermentasi yang Anda buat dapat bertahan lebih lama dan tidak hilang nilai gizinya.

Selain itu, Anda pun dapat menghemat biaya pengeluaran merawat kambing ternak. Karena suplemen organik cair SOC mampu membuat pakan fermentasi awet hingga berbulan-bulan tanpa menurunkan kualitas pakan serta gizi yang ada di dalamnya.

Dengan mencampurkan cairan suplemen organik cair ini Anda akan mendapatkan beragam manfaat yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan kambing ternak. Di bawah ini akan disajikan daftar manfaat dari penggunaan SOC yang dicampur ke dalam pakan ternak hewan.

1.      Meningkatkan antibodi dari dalam tubuh hewan ternak sehingga tidak mudah terserang penyakit.

2.      Mengurangi tingkat stres yang dialami hewan ternak selama dalam masa perawatan.

3.      Menjaga kebersihan lingkungan karena polusi bau yang disebabkan selama masa perawatan akan berkurang.

4.      Menekan berbagai macam penyakit yang menyerang hewan ternak.

5.      Menyeimbangkan jumlah mikroorganisme yang terdapat di dalam perut hewan ternak.

6.      Menambah serta meningkatkan nafsu makan.

7.      Membantu meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi hewan ternak yang Anda miliki.

Itulah beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan SOC suplemen organik cair yang menyehatkan dan berkualitas tinggi.

Cara bikin fermentasi pakan kambing dengan suplemen organik cair SOC pun akan jadi lebih mudah serta bertahan lebih lama namun tidak menurunkan gizi yang ada di dalamnya.

Cukup mudah bukan cara bikin fermentasi pakan kambing yang dicampur dengan suplemen organik cair SOC yang sangat bermanfaat untuk hewan ternak milik Anda.