Pakan Fermentasi Kambing Berbahaya Atau Aman?

Posted on

Makanan merupakan kebutuhan yang sangat penting dan tidak boleh dipandang sebelah mata, karena yang menjadi taruhannya adalah nyawa. Bukan hanya untuk manusia saja, namun juga untuk makhluk hidup lainnya seperti kambing. Kambing memerlukan banyak makanan agar menjadi berkembang dan sehat.

Pakan Fermentasi Kambing
Apakah Pakan Fermentasi Kambing Berbahaya Atau Aman?

Kambing merupakan makanan yang lezat dan disukai banyak orang, untuk itu proses pemeliharaan dari kambing itu sendiri harus sehat dan benar. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagian pakan ternak. Peternak harus memberikan pakan yang sehat agar kambing ternaknya juga sehat. Para peternak biasanya mengandalkan rumput dengan mengarit atau angon.

Namun karena semakin berkembangnya zaman, ketersediaan lahan menjadi sangat sedikit. Hal ini membuat para peternak kesulitan mencari makanan untuk kambing ternaknya. Apakah anda mengalami hal ini juga? Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada pakan fermentasi kambing.

Pakan fermentasi ternak kambing ini selain menyehatkan juga aman dikonsumsi oleh kambing karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti kulit singkong, jerami padi, tebong tibu, pohon pisang dan sisa-sisa pasar. Sangat mudah menemukan bahan-bahan pembuat pakan fermentasi ini. Memang kekurangan dari pakan fermentasi ini adalah harus membuatnya setiap hari, namun jangan khawatir karena ada SOC.

SOC merupakan suplemen organik cair yang mampu membuat pakan fermentasi kuat selama berbulan-bulan. Karena sifatnya yang merupakan suplemen, tentu harus menyehatkan dan bermanfaat untuk kambing ternak. Beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan SOC pada pakan fermentasi kambing antara lain:

  1. Mampu mengurangi polusi bau terutama dikandang kambing itu sendiri dan juga lingkungan sekitarnya.
  2. Mampu mengurangi stress yang terjadi pada kambing ternak.
  3. Menjadi antibodi pada kambing, sehingga tidak akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit.
  4. Mampu membuat mikroorganisme di dalam perut kambing seimbang.
  5. Membuat nafsu makan kambing ternak meningkat.
  6. Meminimalkan terjangkitnya penyakit pada hewan kambing.
  7. Mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi kambing.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing menggunakan SOC HCS

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penggunaan SOC di dalam pakan fermentasi kambing.

Tidak heran jika banyak peternak yang menggunakan suplemen ini sebagai suplemen makanan kambing ternaknya. Cara penggunaan suplemen ini juga sangat mudah. Berikut ini contoh pembuatan pakan fermentasi kambing dari pohon pisang. (baca juga: Pakan Ternak Kambing Alternatif)

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1.    100 kg Pohon Pisang
2.    15 kg Ampas Tahu
3.    3 kg Katul
4.    250 gr Garam
5.    100 gr Gula pasir
6.    30 cc SOC-HCS

Cara Pembuatan :

  • Pertama, potong kecil-kecil pohon pisang dan siapkan larutan SOC.
  • Setelah itu campurkan bahan utama (pohon pisang) yang sudah dipotong-potong dengan katul dan ampas tahu di dalam wadah yang besar. Aduk-aduk hingga semua tercampur merata.
  • Buat bibit fermentasi yakni dengan mencampurkan larutan SOC sebanyak 30cc (3 tutup botol SOC) dengan 1 liter air, tambahkan gula pasir dan garam masing-masing 100 lalu diaduk sampai larut dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, larutan bibit fermentasi yang sudah dibuat ke dalam 10 liter air (pakai ember). Aduk hingga larut.
  • Larutan baru tersebut anda siramkan kedalam campuran pakan dalam wadah besar dengan merata, kemudian sebagai tambahan anda taburkan 250 gram garam dan aduk-aduk lagi hingga merata.
  • Langkah terakhir anda masukkan bahan pakan tersebut ke dalam tong plastik/ kantong plastik dan di tutup rapat (kedap udara) antara 1-4 jam.

Sangat mudah bukan pembuatan pakan fermentasi kambing? Selain mudah, bahan-bahan yang digunakan juga murah meriah, sehingga akan menghemat pengeluaran anda. Selain itu juga tambahan SOC yang anda berikan akan mampu membuat pakan fermentasi tersebut bertahan hingga berbulan-bulan.