Pakan Fermentasi, Tips Ampuh Ternak Kambing Jawa Randu

Posted on

 

Beternak merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena bisa lebih akrab dengan ciptaan Allah SWT. Beternak menjadi hal yang menyenangkan untuk kalangan-kalangan orang pedesaan. Salah satu hewan yang sering dijadikan hewan ternak adalah kambing. Banyak orang memiliki kambing karena mudah dalam perawatannya dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas.

Bukan hanya itu saja, berternak kambing Jawa Randu juga memiliki banyak keuntungan. Karena sekali melahirkan kambing bisa memberikan lebih dari satu ekor anak kambing, sehingga perkembangan kambing akan cepat dan para peternak juga akan cepat mendapatkan kambing baru lagi. Meskipun mudah, perawatannya juga tidak boleh sembarangan karena menyangkut nyawa.

Salah satu hal yang harus benar-benar diperhatikan saat berternak kambing jawa randu adalah segi makanannya. Ini dikarenakan makanan sangat penting untuk pertumbuhan kambing dan juga kesehatannya. Biasanya kambing makan daun-daunan, para peternak akan ngarit atau angon agar kebutuhan pakan kambing terpenuhi.

Namun semakin ke depannya ke zaman modern, sangat sulit untuk mendapati perkebunan dengan rumput yang banyak. Hal ini membuat para peternak sangat kebingungan, dan karena hal inilah muncul pakan-pakan alternative seperti pakan fermentasi. Pakan fermentasi sukses menjadi pakan alternative kambing, sehingga banyak para peternak yang menggunakan pakan fermentasi ini.

Pakan fermentasi ini sangat aman untuk semua jenis hewan ternak, karena terbuat dari bahan-bahan alam yang masih alami. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk pakan fermentasi antara lain pohon pisang, kulit singkong, jerami padi, jagung dan juga sayur-sayuran sisa pasar. Bahan alami ini akan membuat kambing tetap sehat.

Kelemahan dari pakan fermentasi ini adalah pembuatan harus dilakukan setiap hari, tentunya akan sangat memakan waktu, terlebih lagi bagi anda semua yang sedang sibuk. Bagi anda yang ingin membuat pakan fermentasi dan bertahan berbulan-bulan, cobalah menggunakan SOC. SOC ini merupakan suplemen organik cair yang aman digunakan oleh semua hewan ternak.

Sebagai suplemen makanan ini, SOC memberikan banyak keuntungan dan manfaat. Keunggulan dari suplemen ini adalah mampu membuat pakan fermentasi bertahan hingga berbulan-bulan. Masih banyak keuntungan lainnya, beberapa keuntungan tersebut antara lain:

1.      Mengurangi polusi bau yang ditimbulkan kambing di dalam kandang dan lingkungan sekitar.

2.      Membantu mengurangi stress yang terjadi pada kambing.

3.      Mampu menjadi antibodi untuk kambing, sehingga kambing akan kebal dan tidak mudah terserang penyakit.

4.      Menyeimbangkan mikroorganisme yang ada di dalam perut kambing.

5.      Membuat nafsu makan kambing meningkat, sehingga akan mudah gemuk.

6.      Mencegah kambing-kambing ternak terjangkit oleh berbagai macam penyakit berbahaya.

7.      Membuat kuantitas dan kualitas produksi kambing meningkat.

Banyak sekali kentungan yang didapat dari penggunaan SOC, hal ini bisa dilihat jika saat ini sudah banyak para peternak yang menggunakan suplemen organik cair ini. Para peternak kambing jawa rindu sangat terbantu dengan adanya SOC dan banyak peternak yang mencari SOC di toko-toko terdekat.

Kambing yang dihasilkan dari pakan fermentasi SOC juga memiliki kualitas yang unggul yakni dengan daging yang tebal. Jika anda seorang peternak kambing? Yuk sekarang juga beli SOC, jangan menunda-nundanya, karena kesempatan tidak datang dua kali.