Pakan Ternak Kambing Alternatif

Posted on
Pakan Ternak Kambing Alternatif
Pakan Ternak Kambing Alternatif dari gedebok pisang

Pembuatan Pakan Ternak Kambing Alternatif – Fermentasi SOC

Sebagai seorang peternak dituntut untuk bisa mengurus hewan ternaknya dengan baik dan benar, terutama dalam segi pakan. Hal pakan ini tidak boleh dilihat sebelah mata, karena akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari hewan ternak itu sendiri. Di Indonesia itu sendiri kebanyakan orang beternak kambing, karena selain mudah dalam merawat, keuntungan yang didapatkan juga tidak sedikit.

Karena zaman yang semakin modern ini membuat lahan perkebunan berkurang yang merupakan lahan makanan untuk para kambing, baik diangon ditempat tersebut atau ngarit untuk kambingnya. Ketersediaan lahan perkebunan yang semakin menipis ini yang memusingkan para peternak kambing.
Untuk itu banyak sekali peternak yang mencari cara membuat pakan ternak kambing alternatif sebagai pengganti kekurangan rumput saat ini. Salah satu pakan alternatif yang sangat terkenal adalah pakan fermentasi. Pakan fermentasi ini sudah digunakan oleh banyak peternak kambing karena aman dan mudah dalam membuatnya.

Pakan kambing fermentasi ini bisa dibuat dengan menggunakan limbah-limbah pertanian atau sisa-sisa pasar seperti kulit singkong, jagung, jerami padi, pohon pisang dan lain sebagainya. Selain menggunakan bahan alami, penggunaan bahan-bahan ini juga mengurangi sampah dan polusi di sekitar rumah.

Manfaat Pemberian Pakan Ternak Alternatif pada Kambing

Banyak manfaat yang didapatkan dari pakan ternak kambing alternatif ini antara lain:

  1. Membuat produksi susu kambing meningkat.
  2. Mampu memperbaiki sistem pencernaan kambing yang sedang bermasalah.
  3. Membuat berat badan kambing meningkat dengan alami, sehat dan juga gemuk.
  4. Membuat nafsu makan kambing meningkat.
  5. Daging kambing akan menjadi lebih berisi dan memiliki kadar kolesterol rendah.
  6. Kambing ternak akan menjadi lebih kebal dan juga tahan terhadap berbagai macam serangan penyakit berbahaya.
  7. Kotoran dari kambing tidak berbau dan tidak mencemari lingkungan sekitar.
  8. Urine dan kotoran kambing berubah menjadi lebih sedikit dan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kandang alami atau biogas alami.

Kendala utama dari pakan alternatif ini adalah pembuatan harus dilakukan setiap hari, hal ini akan sangat menyita waktu dan tenaga para peternak. Untuk itu wajib menggunakan SOC, suplemen organik cair. SOC ini mampu membuat pakan alternatif menjadi tahan selama berbulan-bulan.

Baca juga: Ternak Kambing Tanpa Ngarit

Selain itu SOC yang dicampur ke dalam pakan ternak kambing alternatif mampu menjadi suplemen makanan yang sangat baik untuk kambing ternak anda. Ada pula manfaat yang terkandung di dalam SOC antara lain:

  1. Mengurangi bau di dalam kandang kambing dan lingkungan di sekitarnya.
  2. Membuat stress yang dialami kambing berkurang.
  3. Sebagai antibodi kambing, sehingga kambing kebal dan tidak mudah terserang penyakit berbahaya.
  4. Membuat keseimbangan mikroorganisme di dalam perut kambing.
  5. Membuat nafsu makan kambing meningkat.
  6. Mencegah kambing terjangkit penyakit berbahaya.
  7. Membuat kualitas dan kuantitas produksi kambing meningkat.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan penggunaan SOC di dalam pakan ternak kambing alternatif. Karena sifatnya sebagai suplemen, banyak sekali manfaat yang lebih banyak bertujuan untuk kesehatan dan perkembangan kambing ternak itu sendiri.