SOC, Suplemen Pakan Fermentasi Yang Tepat Untuk Ternak Kambing Etawa Pemula

Posted on

 

 

Jika membicarakan peternakan tidak akan ada habisnya. Banyak sekali jenis hewan yang bisa dijadikan hewan ternak seperti kambing, sapi, kelinci dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis tersebut salah satu hewan ternak yang sering dijadikan hewan ternak adalah kambing. Kambing sering dipilih sebagai hewan ternak karena memiliki banyak keuntungan. Tidak heran jika banyak masyarakat memilih beternak kambing etawa pemula karena keuntungan tersebut.

Lantas apa sajakah keuntungan betenak kambing etawa pemula tersebut? Pasti anda semua penasaran bukan? Yuk tidak perlu buang-buang waktu lagi, ini dia keuntungan beternak kambing:

  • Modal untuk beternak kambing lebih murah dibandingkan dengan beternak hewan ternak lainnya seperti kerbau, sapi dan kuda. Karena modal yang kecil inilah membuat ternak kambing bisa dijangkau oleh masyarakat yang memiliki modal kecil.
  • Selain modalnya yang kecil, pemeliharaan kambing lebih sederhana, mudah dan tidak perlu tempat yang luas. Dengan begitu ternak kambing bisa dijangkau oleh semua kalangan.
  • Ternak kambing termasuk kedalam usaha berskala kecil, sehingga dalam beternaknya bisa dilakukan sendiri atau tidak memerlukan bantuan orang lain/ karyawan. Skala kecil untuk usaha ini juga membuat ternak kambing bisa menjadi pekerjaan sambilan.
  • Perkembangan kambing sangat pesat, karena sekali melahirkan bisa lebih dari 1 ekor. Sehingga penambahan jumlah kambing semakin cepat dan keuntungan juga lebih besar didapatkan.
  • Beternak kambing sangat bagus, karena semua bagian dari kambing bisa dimanfaatkan seperti susu, daging, darah, kulit hingga kotorannya. Tentunya ini akan membuat hasil kambing menjadi maksimal.

Dengan adanya banyak keuntungan tersebut tentu anda tidak boleh melupakan satu hal terpenting di dalam hidup si kambing, yakni pakan. Pakan menjadi hal utama di dalam kehidupan dan perkembangan sang kambing. Untuk itu sebagai seoarang peternak, anda harus bisa menyediakan pakan yang cukup untuk hewan ternak anda.

Seorang peternak kambing etawa pemula biasanya akan ngarit atau angon untuk memberikan pakan kepada hewan ternaknya tersebut. Ngarit atau angon sama-sama dilakukan di perkebunan yang memiliki jumlah rumput banyak, namun untuk saat ini sangat sulit menemukan perkebunan seperti tersebut.

Untuk itu para peternak saat ini mencoba mencari alternatif yang disebut dengan pakan fermentasi. Pakan fermentasi ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti kulit singkong, jagung, pohon pisang, jerami padi dan sisa-sisa pasar, sehingga akan membuat kambing tetap sehat. Kendala dari pakan fermentasi ini adalah proses pembuatannya berlangsung setiap hari, jadi setiap hari harus membuat pakan fermentasi.

Untuk mengatasi hal ini PT.HCS membuatkan sebuah suplemen yang mampu membuat pakan fermentasi bertahan berbulan-bulan. Suplemen ini biasa disebut dengan SOC atau suplemen organik cair. Namun jangan salah lho, bukan hanya mampu membuat pakan fermentasi bertahan berbulan-bulan, suplemen ini juga mempunyai banyak manfaat.

Manfaat-manfaat dari SOC tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Mengurangi polusi bau dari kambing yang biasanya ada di dalam kandang kambing dan juga lingkungan sekitar kandang.
  • Membuat stress yang dialami ternak berkurang.
  • Menjadi antibodi pada kambing, dengan begitu resiko hewan ternak terjangkit penyakit berbahaya berkurang.
  • Membuat mikroorganisme di dalam perut kambing seimbang.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi kambing etawa.

Banyaknya manfaat dari SOC membuat para peternak kambing etawa pemula tertolong di dalam usahanya tersebut. Bukan hanya itu saja, kehadiran SOC juga bermanfaat untuk para peternak-peternak senior. Sekarang ini penggunaan SOC bukan rahasia umum lagi dan menjadi salah satu trik atau tips dalam beternak kambing etawa pemula.

Bahkan saat ini hampir semua peternak kambing sudah menggunakan supleman makanan kambing ini. Bagaimana? Ingin mencoba? Yuk segera coba dan rasakan bedanya.