Suplemen Organik Cair Atau SOC Ini Mampu Membuat Daging Kambing Menjadi Tebal. Para Peternak Kambing Pedaging Wajib Coba Nih

Posted on

 

 

Menjadi seorang peternak bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena hanya perlu memberi makan dan merawat hewan ternaknya saja. Susah karena dalam merawat banyak yang harus diperhatikan sebab berhubungan dengan nyawa hewan ternak. Namun beternak akan memberikan kesenangan sendiri, karena hal di dunia ini bukan hanya hubungan dengan sesama manusia saja namun juga dengan makhluk hidup lainnya seperti hewan.

Di Indonesia itu sendiri terdapat banyak peternak kambing pedaging. Banyak masyarakat yang memilih kambing sebagai hewan ternak karena selain segi perawatan yang mudah juga kambing memiliki banyak keuntungan. Hampir semua tubuh dari kambing bisa dimanfaatkan dan menghasilkan uang, dari daging hingga kotorannya.

Makanan merupakan perawatan yang harus sangat diperhatikan, karena akan mempengaruhi kualitas dari kambing itu sendiri. Kambing sangat suka memakan daun-daunan, namun saat ini susah mencari pakan dengan ngarit atau angon karena sudah sangat jarang ditemui perkebunan yang mempunyai banyak rumput.

Untuk itu para peternak menciptakan pakan alternative yang sering disebut dengan pakan fermentasi. Pakan fermentasi ini bisa dibuat dengan bahan apa saja. Anda bisa menggunakan jerami padi, pohon pisang, kulit singkong, jagung atau sisa-sisa pasar lainnya. Namun harus diingat, bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami.

Namun saat ini muncul suplemen makan yang sering disebut dengan SOC. SOC ini menjawab kebingungan para peternak karena pembuatan pakan fermentasi harus dilakukan setiap hari. Sedangkan dengan menggunakan SOC akan membuat pakan fermentasi menjadi tahan selama berbulan-bulan.

Para peternak kambing pedaging merasa sangat diuntungkan dengan adanya pakan fermentasi SOC ini. Selain bahan-bahan yang digunakan murah dan mudah dalam pembuatannya, ketahanan ini akan memberikan waktu luang bagi para peternak untuk melakukan aktivitas lainnya. Sebagai suplemen tentu membuat SOC harus bisa memberikan banyak manfaat untuk para hewan ternanknya.

Beberapa manfaat atau keuntungan yang didapat dari SOC antara lain sebagai berikut:

1.      Mengurangi polusi bau yang berasal dari kambing d idalam kandang dan lingkungan sekitar.

2.      Membantu mengurangi resiko stress yang terjadi pada kambing.

3.      Mampu menjadi antibodi untuk kambing, dengan begitu kambing tidak akan mudah terkena penyakit.

4.      Menyeimbangkan mikroorganisme yang ada di dalam perut kambing.

5.      Membuat nafsu makan kambing meningkat, sehingga akan mudah gemuk. Selain itu daging kambing juga menjadi lebih tebal.

6.      Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi kambing.

Banyak sekali manfaat atau keuntungan yang dimiliki oleh SOC sebagai suplemen pakan kambing ini. Tidak heran jika saat ini permintaan terhadap SOC memiliki kenaikan yang signifikan. Bukan hanya bermanfaat untuk hewan ternaknya saja, namun juga memberikan banyak manfaat untuk para peternak kambing pedaging.

Kambing yang dihasilkan dengan pakan fermentasi SOC ini memiliki kualitas unggul. Daging yang dimiliki juga tebal-tebal sehingga akan membuat harga atau keuntungan yang didapatkan menjadi melimpah. Karena mampu mengurangi bau kambing membuat banyak peternak pemula bermunculan, karena pada zaman dahulu peternak tidak tahan dengan bau yang dimiliki oleh kambing.